14.747 Siswa SMA/MA Bersaing di Olimpiade Sains

JAKARTA – Direktur Pembinaan Sekolah Menengah (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Purwadi Sutanto mengatakan, 14.747 siswa SMA/MA di Tanah Air bersaing dalam Olimpiade Sains Provinsi (OSP). Mereka memperebutkan tiket ke Olimpiade Sains Nasional (OSN).

“Olimpiade ini kami laksanakan secara berjenjang, harapannya adalah memberi kesempatan yang sama kepada seluruh siswa SMA/MA untuk berkompetisi,” ujar Purwadi di Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (23/3/2016).

Kemdikbud tidak memberikan batasan sekolah yang mengikuti OSP hanya sekolah-sekolah bagus atau tertentu saja yang bisa ikut.

“Semua punya kesempatan sama, baik itu sekolah yang ada di kota sampai yang di pelosok sana. Jika memang punya kompetensi dan kemampuan yang tinggi, pasti akan mampu melewati seleksi,” tambah dia.

Purwadi menambahkan, ajang tersebut merupakan unjuk prestasi anak-anak bangsa dan mereka yang tampil ini juga menjadi kebanggaan daerah masing-masing. “Menjadi juara di tingkat kabupaten saja sudah menjadi sebuah kebanggaan, apalagi kemudian juga di tingkat provinsi, bahkan nasional apalagi internasional. Ini tentunya juga akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan ke depannya,” jelas dia.

Kasubdit Peserta Kemendikbud Didik Suharlan meminta dinas provinsi untuk lebih lagi meningkatkan peran dan perhatian pada para siswa yang nantinya lolos dalam seleksi provinsi, terutama dalam rangka persiapan pembinaan generasi.

“Masing-masing provinsi tentunya juga punya strategi masing-masing. Tapi, saya harap segeralah jalin kerja sama dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi di provinsi masing-masing untuk memfasilitasi anak-anak kita yang punya bakat-bakat hebat ini,” tutur Suharlan.

Ajang OSP dilangsungkan serentak di 34 provinsi pada 22-24 Maret 2016. Ajang OSP ini merupakan seleksi penentuan, lolos atau tidaknya mereka ke tingkat yang lebih tinggi lagi, Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Palembang, 15-21 Mei 2016.

Tujuan dari seleksi OSP ini untuk memfasilitasi dan menjaring siswa SMA /MA yang memiliki potensi, bakat, dan minat dalam bidang sains. Terdapat sembilan bidang yang dilombakan yakni matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

Sumber: 14.747 Siswa SMA/MA Bersaing di Olimpiade Sains

Share