Alasan Perlu Kuasai Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

JAKARTA – Memiliki keterampilan dalam berbicara bahasa Inggris mungkin sudah menjadi hal yang umum. Pasalnya, di zaman yang semakin global ini, keterampilan dalam berbahasa asing tidak hanya pada bahasa Inggris saja. Namun, masyarakat juga semakin tertarik untuk mempelajari bahasa asing lainnya.

Menurut Penggagas Gerakan Mencetak Sejuta Habibie untuk Indonesia, Bimo Sasongko kemampuan bahasa asing saat ini menjadi hal yang amat penting. Terlebih lagi Indonesia sudah meresmikan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Bahasa asing tentu saja perlu sekali. Apalagi untuk mahasiswa yang ingin berkuliah di luar negeri. Misalnya ingin kuliah di Amerika, maka bahasa Inggrisnya harus bagus. Atau ingin kuliah di Jerman maka harus bisa bahasa Jerman juga,” ungkapnya kepada Okezone, di Jakarta, Sabtu (26/3/2016).

Selain keterampilan bahasa asing yang diperlukan karena masyarakat kita yang semakin global. Memperlajari bahasa asing juga bisa membuat kita untuk belajar dan mengenai budaya di negara tersebut.

“Generasi muda saat ini tidak hanya perlu lulus saja. Tapi juga memiliki kemampuan lainnya salah satunya dalam bahasa asing. Kalau sudah bahasa Indonesia-nya bagus, ya bagus. Ditambah lagi jika dia bisa berbahasa Inggris. Apalagi kalau sampai berbahasa asing lainnya, seperti Prancis, Jerman atau Belanda,” ujarnya.

Bimo menambahkan dengan menguasai bahasa asing maka kita akan bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Anak-anak Indonesia sebenarnya pintar-pintar, hanya saja mereka kurang percaya diri.

“Dengan belajar bahasa asing itu mereka jadi bisa bergaul dan tidak dianggap remeh,” tambahnya.

Sumber: Alasan Perlu Kuasai Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

Share