Bangun Pendidikan Berkelanjutan, Kemdikbud Raih Penghargaan UNESCO

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Dirjen Paud dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Jawa Barat baru saja meraih sebuah penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan UNESCO Japan Prize 2015 dalam rangka program aksi dunia pada Education Sustainable Development (ESD).

Penghargaan itu diberikan oleh Kepala PP Paud dan Dikmas Jawa Barat Djajeng Baskoro. Pasalnya, pihaknya telah mendirikan sebuah Jayagiri Center yang merupakan lembaga Indonesia untuk ESD.

Di Jayagiri Center terdapat berbagai kegiatan yang bisa membangun keterampilan masyarakat di Jawa Barat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menuturkan, ESD tidak hanya membahas cara mendidik. “Namun, juga bisa membahas pentingnya pembangunan. Hal itu dimulai dari perubahan iklim, global, sampai bagaimana mengurangi kemiskinan dan menjadi konsumen yang cerdas,” ungkapnya di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Anies menjelaskan, setiap kali mendengar ESD yang terdengar hanya berkaitan dengan lingkungan hidup. Padahal di dalamnya pembahasannya sangat luas.

“ESD adalah pelestarian lingkungan hidup agar terdapat keharmonisan dan keadilan. Kita juga berbicara bagaimana manusia bisa mampu untuk meraih keterampilan dan pengetahuan, sikap, dan nilai yang bisa memastikan kesinambungan masa depan,” ujarnya.

Anies menambahkan, prestasi ini bukan merupakan sebuah puncak dari pengabdian, melainkan tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan dunia.

“Yang tidak kalah penting adalah bahwa prestasi ini bukan merupakan puncak pengabdian tapi tempatkan ini sebagai kepercayaan dunia kepada proses pendidikan yang ada di Indonesia,” tandasnya. (ira)

Sumber : okezone.com

Share