Belajar Menyenangkan Bisa Dilakukan di Luar Kelas

Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya bisa dilakukan di dalam ruang kelas saja, namun bisa juga dilakukan di luar kelas.

Seperti yang dilakukan Universitas Padjadjaran (Unpad) kepada para mahasiswa baru mereka. Dalam kegiatan memperkenalkan aspek literasi serta informasi, para mahasiswa diajak untuk belajar di luar kelas.

Manajer Tata Kelola dan Sumber Daya FISIP Unpad, Dr. Hery Wibowo, S.Psi., M.M., menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai implementasi dari konsep belajar yang menyenangkan dari program Happiness Integrity Transition Study (HITS) Unpad.

“Mahasiswa baru diberikan pemahaman mengenai pentingnya literasi informasi serta berbagai layanan perpustakaan oleh para pustakawan FISIP. Tujuannya, mahasiswa dapat mengenal sejak dini terkait layanan perpustakaan di kampus FISIP,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Universitas Padjadjaran (Unpad), Minggu (30/10/2016).

Aspek literasi serta informasi ini begitu dibutuhkan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran mereka. Dr Hery menjelaskan bahwa tugas terberat bagi mahasiswa adalah untuk menghasilkan karya ilmiah yang bermaslahat. Sementara itu, karya ilmiah itu sendiri harus berbasis pada keilmuan yang kuat.

“Penguatan keilmuan itu wajib hukumnya melakukan pencarian referensi ilmiah, baik berupa buku ajar, jurnal, artikel ilmiah, hingga hasil proceeding pada seminar-seminar ilmiah. Perpustakaan menjadi motor utama sebagai penyedia berbagai referensi tersebut,” paparnya.

Dengan adanya pengenalan lebih dini, diharapkan para mahasiswa bisa memanfaatkan layanan yang ada di perpustakaan bukan hanya untuk mengerjakan tugas akhir saja. Namun juga untuk berbagai kegiatan bermanfaat guna mencari literatur.

“Kita berusaha tampilkan semuanya, baik online maupun offline, di perpustakaan mereka (mahasiswa) dapat kenal berbagai penelitian yang dihasilkan dosen FISIP maupun dari luar, sehingga dapat mereka olah menjadi karya ilmiah,” tandasnya.

Sumber : news.okezone.com

Share