Brownies Sehat Pencegah Radang Empedu

JAKARTA – Siapa yang tak suka brownies? Kue yang identik dengan coklat ini sangat familiar di tengah masyarakat dan sering dijumpai di berbagai kesempatan. Berbagai variasi brownies juga semakin beragam karena kreativitas si pembuat kue.

Hal serupa juga dilakukan empat mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sari Rosiati Nur Khasanah, Anisa Dwi Yuniyanti, Afrilia Hidayati, dan Senja Fitriana. Mereka membuat inovasi brownies sehat yang berkhasiat mengobati penyakit radang kantong empedu.

Keempat mahasiswi tersebut membuat brownies dari bahan dasar tepung gadung. Menurut mereka, gadung yang biasanya diolah menjadi keripik itu berpotensi sebagai obat berbagai penyakit, terutama radang kandung empedu.

“Kandungan kimia yang terdapat dalam gadung antara lain alkaloid dioskorina, diosgenina, saponin, furanoid norditerpena, zat pati, dan tanin. Penggunaan obat sebagai antispasmodic, yaitu sebagai bantuan terbaik dan mencegah kolik empedu,” ujar Sari, dinukil dari laman UNY, Senin (29/2/2016).

Penyakit kandung empedu adalah sekumpulan kondisi medis yang ditandai dengan peradangan, infeksi, batu, atau penyumbatan pada kandung empedu. Senja Fitriana mengungkapkan, gadung mengandung karbohidrat tinggi, sehingga gadung dapat dimafaatkan sebagai sumber karbohidrat lain pengganti nasi.

“Gadung cocok juga digunakan sebagai makanan diet sehat. Kami tertarik mengembangkan gadung menjadi bahan makanan yang disukai masyarakat luas, seperti brownies,” tuturnya.

Sementara Afrilia menjelaskan proses pembuatan tepung gadung. Pertama, ucap dia, gadung dikupas, lalu dipotong tipis-tipis dan diberi abu bakaran untuk menetralisasi racun. Kemudian, langkah berikutnya didiamkan semalam, dan diberi daun tawas.

“Setelah itu dibilas dengan air, direndam semalam dan dibilas lagi. Lalu dijemur dan setelah kering digiling menjadi tepung gadung. Kreativitas ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa,” tambahnya.

Sumber: Brownies Sehat Pencegah Radang Empedu

Share