F.A.Q

Frequently Asked Questions

Frequently Asked Questions

Apakah PUSAKA dapat Berfungsi sebagai Pangkalan Data?

Pusaka memiliki fitur untuk melakukan penelusuran data. Metode pencarian koleksi pustaka sangat mudah dan terstruktur sehingga pengunjung dengan cepat dapat menemukan pustaka yang dibutuhkannya. Dengan fasilitas ini, pengunjung dapat mencari dan melihat data pustaka berdasarkan kata kunci dan kategori tertentu. Data yang didapatkan tidak hanya berupa katalog keterangan saja, melainkan juga dapat melihat abstrak ataupun mendownload (jika diijinkan untuk download oleh pengurus).

Bagaimana Membuat Perpustakaan Online?

Memiliki sistem perpustakaan yang dapat diakses melalui internet adalah dambaan hampir seluruh pengurus perpustakaan. Kami seringkali mendapatkan pertanyaan dari pembeli PUSAKA, apa saja yang harus mereka lakukan agar sistem perpustakaan PUSAKA mereka dapat di online-kan. Pada dasarnya, PUSAKA adalah software sistem perpustakaan yang sudah berbasis web. Artinya, PUSAKA diakses dengan web browser, berarti secara program sudah siap untuk di-launch ke web. Jadi, karena software sudah siap launch, apalagi yang harus disiapkan oleh sebuah perpustakaan?

Bagaimana membuat PUSAKA dapat diakses internet?

Yang harus dilakukan:
1. Anda harus memiliki domain untuk PUSAKA.
2. Anda harus sudah memiliki tempat untuk hosting PUSAKA.
3. Tinggal install PUSAKA di host yang sudah ditentukan. Maka PUSAKA dapat diakses lewat internet.

Apakah PUSAKA dapat dihubungkan dengan perpustakaan lain?

PUSAKA dapat dihubungkan dengan perpustakaan lain yang menggunakan sistem PUSAKA. Apabila perpustakaan online tersebut tidak menggunakan PUSAKA, maka operator dapat menambahkan link pada halaman pengumuman PUSAKA.