Gratiskan Kuliah Kedokteran, Kemristekdikti Apresiasi Unpad

SERPONG – Mulai penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Universitas Padjadjaran (Unpad) berencana menggratiskan biaya pendidikan mahasiswa baru program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran Unpad. Kebijakan tersebut diambil salah satunya guna memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat.

Atas terobosan Unpad tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerisn Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Ainun Naim turut memberikan apresiasi. Menurut dia, universitas-universitas lain bisa mencontoh upaya Unpad untuk meningkatkan jumlah dokter tersebut.

“Untuk membantu para mahasiswa yang punya kemampuan akademis, tetapi kurang mampu bisa dilakukan oleh pemerintah provinsi (pemprov) atau lembaga lainnya. Namun, dari Kemristekdikti sudah punya beasiswa Bidikmisi,” ujarnya ditemui di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemristekdikti 2016 di Serpong, Tangerang, Senin (1/2/2016).

Kendati demikian, Ainun mengatakan universitas harus memiliki kesepahaman dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terutama menyangkut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Karena ini terkait dengan pembagian tugas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam regulasi pendidikan tinggi masuk ke pemerintah pusat,” sebutnya.

Ainun menambahkan, Kemristekdikti mendorong agar Kemendagri memperbolehkan alokasi APBD untuk mengembangkan pembangunan pendidikan tinggi. Tetapi, ucap dia, hal tersebut tidak mengikat, sehingga pihaknya tidak membatasi atau melarang kebijakan pemprov.

“Pemda juga bisa memberikan kontribusi pada pembangunan pendidikan tinggi, termasuk dalam beasiswa, membangun infrastuktur, atau mengalokasokan tanah,” tukasnya.

Pada tahun akademis 2016/2017, FK Unpad akan menerima 250 calon mahasiswa dengan rincian 125 dari jalur SNMPTN dan 125 dari jalur SBMPTN. Para mahasiswa yang diterima melalui dua jalur seleksi tersebut akan digratiskan biaya kuliahnya melalui beasiswa yang dikeluarkan pemerintah daerah dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat, maupun beasiswa dari berbagai pihak, termasuk swasta.

Sumber: Gratiskan Kuliah Kedokteran, Kemristekdikti Apresiasi Unpad

Share