Nih, Program Studi Favorit SBMPTN 2017 di 6 PTN Bandung

BANDUNG – Para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di wilayah Panitia Lokal (Panlok) Bandung akan berebut tempat di enam PTN.

Keenam PTN itu adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunand Gunung Djati, Universitas Siliwangi (Unsil), dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

Dari jumlah peserta SBMPTN 45.735 orang, hanya akan ada 9.708 orang yang akhirnya diterima di PTN tujuan. Agar bisa lulus seleksi dan diterima di PTN tersebut, jelas bukan hal mudah bagi para peserta.

Mereka harus bersaing satu sama lain agar bisa mewujudkan mimpi kuliah di kampus idamannya. Apalagi untuk beberapa program studi (prodi) favorit, satu kursi akan diperebutkan puluhan orang. Prodi favorit itu didasarkan pada minat peserta SBMPTN pada 2016 lalu yang diprediksi tidak banyak berubah pada SBMPTN 2017.

Di ITB, hanya akan ada 1.644 orang yang diterima menjadi mahasiswa. Adapun beberapa prodi favorit di ITB adalah teknik informatika, teknik elektro, teknik kimia, teknik industri, teknik sipil, dan farmasi.

Bahkan, sekira 25 prodi di ITB sudah terakreditasi internasional. Hal itu membuat ITB banyak memiliki prodi favorit pilihan calon mahasiswa.

Di Universitas Padjadjaran (Unpad), total hanya akan ada 3.540 orang yang diterima menjadi mahasiswa dari jalur SBMPTN. Ada 51 prodi di Unpad yang akan menjadi rebutan para peserta SBMPTN.

“Untuk keketatan atau prodi dengan jumlah peminat terbanyak pada 2016 yang paling populer untuk SBMPTN adalah teknik informatika, kedua kedokteran, ketiga ilmu komunikasi, keempat manajemen. Itu dari data 2016,” kata Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad di Kampus ITB, baru-baru ini.

Di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), kuota mahasiswa yang akan diterima pada 2017 ini adalah 2.520 orang. “Prodi terketat (favorit) di kita ada 10,” ujar Rektor UPI Furqan.

Dari 10 prodi itu, beberapa di antaranya adalah ilmu komunikasi, ilmu komputer, pendidikan bahasa Inggris, psikologi, bimbingan konseling, teknik sipil, dan teknik arsitektur. UPI juga memiliki nilai tambahan karena delapan prodinya sudah berakreditasi internasional dan masih menunggu empat prodi lagi agar mendapatkan akreditasi serupa.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, total peserta yang akan diterima menjadi mahasiswa hanya dari jalur SBMPTN hanya 836 orang. Mereka akan berebut tempat untuk 19 prodi.

“Dari sekian banyak prodi yang ada saat ini di Kampus UIN, yang digandrungi calon mahasiswa adalah psikologi, berikutnya manajemen dan administrasi negara,” ungkap Rektor UIN SGD Mahmud.

Di Universitas Siliwangi (Unsil), total hanya 992 peserta yang akan lolos menjadi mahasiswa. Total ada 20 prodi yang bisa dipilih peserta SBMPTN. Beberapa yang menjadi favorit adalah prodi pendidikan kesehatan jasmani dan rekreasi, manajemen, akuntansi, dan teknik informatika.

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI yang dulu bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) juga memiliki beberapa prodi favorit. ISBI sendiri baru tahun ini ikut jadi bagian dalam SBMPTN.

Dari enam prodi S1 di ISBI, semuanya diprediksi akan cukup diminati karena kuota yang sedikit. Total, hanya akan ada 176 orang yang diterima menjadi mahasiswa dari jalur SBMPTN. Beberapa prodi yang ada adalah seni tari, karawitan, dan seni murni.

Dengan kuota yang ada di masing-masing PTN itu, para calon peserta tinggal mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti SBMPTN. Pertimbangkan dengan baik prodi yang akan dipilih.

Selamat berjuang!

Share

Post your comments here

Your email address will not be published. Required fields are marked *