Panitia SNMPTN 2016 Tak Gentar Dipetisi

JAKARTA – Proses Seleksi Nasional Masuk Pendidikan Tinggi (SNMPTN) 2016 yang sedang memasuki tahap pendaftaran dipetisi oleh pihak yang mengatasnamakan diri sebagai angkatan 2016. Petisi dilakukan melalui laman change.org, dengan judul ‘Selamatkan Angkatan 2016 Dari Kesalahan Sistem SNMPTN’.

Menanggapi petisi tersebut, Ketua Umum SNMPTN 2016, Rochmat Wahab menuturkan, tidak akan terpengaruh dan tetap melanjutkan proses seleksi yang sudah berjalan. Pasalnya, proses seleksi sudah berdasarkan rambu-rambu yang ditetapkan sebelumnya.

“Kami tidak akan gentar. Sistem yang diberlakukan sudah sesuai dengan hasil evaluasi sebelumnya. Kami melaksanakan berdasarkan prosedur dan dengan tanggung jawab,” tegasnya ketika dihubungi Okezone, belum lama ini.

Rochmat menjelaskan, mengenai transparansi seleksi, data-data sekolah dan siswa yang masuk tentu tidak bisa dibuka begitu saja untuk umum karena ada aturannya. Namun, ucap dia, proses pemeringkatan dilakukan sepenuhnya oleh sistem yang dibuat oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan formula berdasarkan kurikulum yang diberlakukan masing-masing sekolah.

“Mereka menyalahkan sistem. Padahal tidak sedikit yang melakukan kesalahan pengisisan data sehingga terjadi kesalahan kolektif. Banyak sekolah yang tidak isi PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa). Di DKI Jakarta saja ada 229 sekolah tak ikut, di Jawa Barat ada 1.006 sekolah. Mungkin mereka memang tak menganggap SNMPTN ini menguntungkan siswanya,” ujarnya.

Ketika proses pengisian PDSS sudah ditutup, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tersebut lantas tak menerima lagi sekolah-sekolah yang terlambat mendaftar atau salah mengisi data. Menurut dia, hal tersebut sudah menjadi konsekuensi, sedangkan proses seleksi akan terus berjalan sesuai prosedur.

“Kemarin mengisi PDSS pada mepet, sekarang sudah terproses jadi tidak ada kesempatan lagi. Pada proses pendaftaran sekarang, diharapkan siswa yang lolos segera mendaftar, jangan menunggu menit-menit terakhir,” tandasnya.

Sumber: Panitia SNMPTN 2016 Tak Gentar Dipetisi

Share