Sulap Kulit Jeruk Jadi Obat Sariawan

JAKARTA – Kreativitas mahasiswa mengolah limbah tidak terbatas. Kali ini, lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengolah limbah kulit jeruk menjadi obat sariawan.

Arum Nur Hidayah, Bill Rich, Dyah Ayu Permatasari Tedjo Pradipto, Meutia Ermina Toif, dan Nico Pratama Yulianto Putra adalah tim di balik kreativitas tersebut. Lima mahasiswa dari Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik itu membuat inovasi yang dinamai Cinnamed.

Ketua tim, Meutia, mengatakan, mereka memadukan limbah kulit jeruk dengan ekstrak kayu manis dalam membuat Cinnamed. Awalnya, limbah kulit jeruk diproses menjadi pektin. Kemudian, pektin ini diolah menjadi edible film, seperti bahan pembungkus permen yang aman dimakan.

“Kemudian, film tadi diberi tambahan senyawa sinnamaldehid dari ektrak kayu manis. Senyawa ini diketahui bisa digunakan untuk mengobati sariawan,” ujar Meutia seperti dinukil dari laman UGM, Senin (14/3/2016).

Tahap selanjutnya adalah uji spektrofotometri untuk mengetahui berapa banyak senyawa sinnamaldehid yang bisa masuk dan bisa keluar dari edible film. Hasilnya, satu lembar Cinnamed mengandung 180 miligram sinnamaldehid.

Nico Pratama mengimbuhkan, Cinnamed dibuat dalam ukuran 1,5 x 1,5 cm. Satu kemasannya berisi 10 lembar dengan satu varian rasa yaitu jeruk. Nico dan timnya berencana melepar Cinnamed ke pasaran. Rencananya, satu bungkus Cinnamed akan dibanderol Rp5.000.

“Masih perlu berbagai penelitian lanjutan dan uji klinis maupun pra klinis,” ujar Nico.

Sementara itu, menurut Dyah Ayu, produk Cinnamed ini menjadi alternatif pengobatan sariawan. Penggunaan Cinnamed sendiri cukup ditempelkan ke bagian yang terluka, namun penderita sariawan tidak akan merasakan sakit saat pengobatan berlangsung.

“Cinnamed memberikan sensasi segar dengan tambahan rasa jeruk di dalamnya,” tuturnya.

Inovasi Cinnamed ini berhasil mengantarkan lima sekawan tersebut sebagai juara kompetisi tingkat nasional “Chemical Product Design Competition 2016” pada 2-5 Maret lalu di Universitas Indonesia.

Sumber: Sulap Kulit Jeruk Jadi Obat Sariawan

Share