Obat Kumur Antijamur Inovasi Mahasiswa UGM

Lima mahasiswa Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat formulasi obat kumur dari minyak serai dan minyak jerut purut. Inovasi tersebut berguna untuk mengobati kandidiasis oral yang terjadi akibat infeksi rongga mulut karena pertumbuhan abnormal dari jamur Candida albicans.

Mereka adalah Meta Juniatik, Khoirunnissa Hidayati, Fransisca Priskaningtyas Wulandari, Na’imatul Munawaroh, serta Nurul Pangestuti. Menurut Meita, pertumbuhan jamur jenis Candida albicans menyebabkan rasa tidak nyaman karena menimbulkan rasa terbakar dan mulut kering. Sedangkan pemilihan minyak serai dan minyak jeruk purut lantaran keduanya terbukti memiliki aktivitas antifungi terhadap jamur tersebut.

"Untuk mendapatkan formula mouthwash yang jernih dan stabil, kombinasi minyak serai dan minyak jeruk purut dapat diformulasi menjadi suatu sediaan nanoemulsi," ujarnya dinukil dari laman UGM, Senin (23/5/2016).

Meta menjelaskan, dalam penelitian tersebut nanoemulsi diformulasikan dengan menggunakan Water Titration Method. Tujuannya, yakni mendapatkan nanoemulsi yang jernih dan stabil untuk dilakukan optimasi minyak kombinasi dan VCO. Setelah itu, formula terbaik dikarakterisasi lalu dilakukan pemeliharaan kandungan senyawa kimia minyak asiri dalam formula dan diuji aktivitas antikandidanya.

"Nanoemulsi minyak serai dan minyak jeruk purut ternyata lebih efektif dan mempunyai daya hambat C.albicans tujuh kali lebih efektif dibandingkan kelompok kontrol," tutur mahasiswi lainnya, Nurul.

Nurul menambahkan, obat kumur buatan timnya tidak menggunakan alkohol sehingga aman. Selain dapat mengobati jamur penyebab infeksi pada rongga mulut, obat kumur tersebut juga memiliki rasa dan bau formula yang menyegarkan.

"Ke depan masih dibutuhkan berbagai uji lanjutan. Misalnya, uji iritasi primer dan uji toksisitas formula nanoemulsi agar dapat dikembangkan menjadi mouthwashantikandidiasis oral sebagai alternatif terapi kandidiasis oral yang nyaman, aman, dan efektif," tukasnya. (ira)

Sumber : news.okezone.com

Share