Pengertian Sistem Informasi Kampus yang Bermanfaat untuk Pendidikan Tinggi
Kemajuan dunia digital membuat segala aspek kehidupan semakin mudah, contohnya: adanya sistem informasi kampus online. Tentunya, dengan adanya sistem informasi di lingkungan kampus secara online ini memudahkan kegiatan akademik maupun non akademik di perguruan tinggi. Pastinya, dosen, mahasiswa sampai dengan administrasi kampus menjadi lebih mudah.
Memang sistem informasi kampus sudah cukup familiar terdengar di telinga kita. Namun, sebagian besar dari kita belum memahaminya dengan benar. Apa sih pengertian sistem informasi kampus? Sistem informasi kampus adalah sistem informasi berbasis teknologi tinggi yang memberikan data akademik dan non akademik kepada penggunanya. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian sistem informasi di kampus ini, simak penjelasan berikut ini.
Pengertian Sistem Informasi Akademik Menurut Para Ahli
Secara garis besar pengertian sistem informasi kampus atau populer dengan nama sistem informasi akademik diartikan sebagai sistem pengolah data – data baik akademik dan non akademik di dunia pendidikan tinggi. Tentunya, penggunaan sistem informasi kampus ini berbasis online dengan menggunakan teknologi tinggi.
Beberapa ahli mengemukakan pengertian sistem informasi akademik. Adapun pengertian yang dimaksud adalah sebagai berikut.
Pendapat Andi (2010)
Sistem informasi akademik didefinisikan sebagai suatu sistem yang mengolah berbagai data pendidikan atau akademik menggunakan teknologi komputer baik berbasis hardware maupun software. Adapun yang dimaksud dengan hardware atau perangkat keras adalah komputer (personal computer), CD Room, printer, hard disk. Sementara, software adalah perangkat lunak yang berfungsi mengolah data akademik atau mengoperasikan hardware.
Pendapat Amarusu (2013)
Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang dirancang khusus untuk memberikan kemudahan pada layanan akademik di perguruan tinggi dengan tujuan supaya ada peningkatan kinerja dan kualitas SDM. Amarusu juga mendefinisikan sistem informasi akademik sebagai aplikasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam kelola data dan informasi yang terkait dengan dunia pendidikan.
Pendapat Novi Nuari (2014)
Sistem informasi akademik atau SIAKAD merupakan sistem atau aplikasi yang diciptakan dan dirancang dengan tujuan kelola data terkait dengan informasi pendidikan, seperti: data dosen dan mahasiswa, kurikulum perguruan tinggi, rekaman perkuliahan sampai dengan jadwal kuliah.
Manfaat Sistem Informasi Akademik Bagi Pelaku Pendidikan Tinggi
Sesuai dengan namanya sistem informasi akademik, tentunya sistem yang satu ini memiliki banyak manfaat baik bagi mahasiswa, dosen, dan administrasi kampus. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.
- Memberikan kemudahan baik kepada mahasiswa dan dosen berkaitan dengan informasi kegiatan akademik dan non akademik di kampus secara online.
- Data kampus baik data akademik dan non akademik tersimpan rapi dan terorganisir dengan baik bahkan terintegrasi.
- Memberikan kemudahan kepada administrasi kampus. Itu karena adanya sistem informasi akademik, administrasi kampus hanya melakukan input dan cek data saja.
- Memudahkan dalam hal pembaharuan data tanpa harus memakan waktu lama. Artinya, pihak administrasi dan keuangan bisa berkolaborasi dalam hal data secara realtime.
- Lebih efektif dalam hal pengolahan data keuangan.
Contoh Konkret Sistem Informasi Akademik
Salah satu manfaat sistem informasi akademik adalah memberikan kemudahan kepada mahasiswa dan dosen. Oleh karena itu, sistem informasi akademik yang bagus adalah yang menggunakan teknologi tinggi dan fitur lengkap, seperti: SUTEKI.
Perlu diketahui, SUTEKI adalah contoh konkret sistem informasi kampus yang bagus dan memiliki fitur lengkap. Itu karena sistem SUTEKI didukung dengan tata kelola data berbasis high technology. Selain itu, fitur – fitur yang digunakan sistem informasi akademik yang satu ini menggunakan software canggih. Adapun kecanggihan teknologi yang digunakan sistem ini adalah sebagai berikut.
- SUTEKI menggunakan SIAKAD 4.0.
- Menawarkan sistem digital library yang up date sehingga memudahkan pelaku pendidikan tinggi dalam hal referensi bacaan.
- Menyediakan e – office yang berguna untuk kelola data kepegawaian.
- Menawarkan e – study – LMS yang terintegrasi menggunakan SIAKAD 4.0.
- Ada fitur civitas berbasis mobile application di lingkungan kampus.
Tersebut adalah fitur SUTEKI yang menggunakan teknologi tinggi. Tentunya, fitur – fitur yang ditawarkan bisa memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan di perguruan tinggi. Bagi yang membutuhkan sistem informasi kampus SUTEKI bisa langsung menghubungi Suteki.
Alasan Mengapa Harus SUTEKI sebagai Sistem Informasi Akademik Terpilih
Bukan rahasia lagi, SUTEKI merupakan salah satu contoh konkret sistem informasi akademik yang lengkap dan bagus. Soal teknologi yang digunakan juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Itu karena SUTEKI menggunakan high technologi. Beberapa alasan yang perlu diketahui mengapa kita praktisi pendidikan tinggi harus memilih Suteki adalah sebagai berikut.
- Memudahkan praktisi pendidikan tinggi dalam kelola data baik akademik dan non akademik.
- Mudah dipakai oleh siapa pun dan anti gaptek (user friendly).
- Sudah diuji kecanggihan teknologinya oleh ahlinya. Perlu diketahui, software yang digunakan SUTEKI sudah terbukti memudahkan kelola data kampus dengan baik.
- SUTEKI selalu memberikan pelayanan terbaiknya, seperti: memberikan fasilitas pengembangan software secara berkelanjutan. Jadi, software yang digunakan selalu up date dan menggunakan teknologi terbaru.
- Produk SUTEKI memberikan fasilitas purna jual bagi penggunanya.
Itulah pengertian sistem informasi kampus dan keunggulan SUTEKI yang sangat berguna bagi penggunanya. Apakah Anda masih ragu menggunakan sistem informasi akademik? Jangan ragu lagi untuk menggunakan SUTEKI, langsung saja hubungi Suteki.
This post has already been read 4271 times!