Tutorial Instalasi Aplikasi SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi) Kemenristekdikti

SISTER adalah akronim dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi. Aplikasi ini merupakan program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang biasa dikenal dengan Kemenristekdikti, diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.pada tahun 2017. Aplikasi ini memiliki berbagai manfaat, baik bagi dosen maupun Perguruan Tinggi. SISTER mampu mengakomodasi berbagai aktivitas kinerja yang memungkinkan setiap layanan saling terhubung satu sama lain, sehingga dapat memperkaya portofolio dosen dan mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir dosen. Sedangkan bagi Perguruan Tinggi, mempercepat pengambilan kebijakan serta basis data akreditasi lembaga dengan memanfaatkan data yang terhimpun di dalam SISTER.

Namun dalam proses instalasi aplikasi SISTER, sepertinya cukup banyak operator Perguruan Tinggi yang masih menemui kendala. Pada tutorial ini kami coba ulas langkah-langkah instalasi aplikasi SISTER di VirtualBox dan Proxmox.

Instalasi aplikasi SISTER dapat dilakukan dengan mengunduh installer SISTER yang terus diupdate di halaman http://sister.ristekdikti.go.id/auth/login. Terdapat 2 format installer berupa virtual drive yang bisa digunakan di platform virtualisasi berikut :
1. Virtualbox
2. Vmware-ESXi

Selain itu, juga memungkinkan proses instalasi SISTER di platform Proxmox/KVM menggunakan installer Virtualbox. Informasi instalasi SISTER sebenarnya sudah dicantumkan di halaman http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2017/12/21/installer-applikasi-sister-system-informasi-sumber-daya-terintergrasi/, namun pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi mengenai proses instalasi SISTER di VirtualBox dan Proxmox.

Requirement Sistem

  1. Semua OS 64bit yang bisa menjalankan VirtualBox (Windows 7/8/10/Server, Ubuntu 16.04/16.06/18.04, Linux Mint), pastikan opsi Virtualization Technology (VT-x) sudah di-enable di BIOS hardware server.
  2. Requirement hardware akan tergantung jumlah user, jika mengacu pada dokumen teknis dibutuhkan spesifikasi hardware berikut :
  • RAM 12GB
  • Storage 1TB HDD/SSD
  • koneksi internet minimal 10Mbps, karena front end SISTER akan sinkron ke server pusat PD Dikti.
  • Pada tutorial ini, kami mengalokasikan hardware untuk SISTER dengan spesifikasi berikut : CPU 2 core 1 socket, RAM 4GB dan storage 50GB.
  • Installer SISTER berukuran 5.3 GB, namun setelah diekstrak ukuran filenya sekitar 17GB.

Instalasi & Konfigurasi VirtualBox di Ubuntu

Proses instalasi virtualbox tergantung setup Ubuntu yang digunakan, apakah menggunakan Desktop/GUI, atau shell based. Jika menggunakan Ubuntu desktop, instalasi bisa menggunakan installer VirtualBox GUI. Sementara pada Ubuntu yang shell based bisa menggunakan instalasi VirtualBox Headless, kemudian frontendnya menggunakan PHPVirtualBox.

Instalasi Virtualbox dengan shell based lebih direkomendasikan karena resource server tidak digunakan oleh proses Desktop, sehingga lebih banyak resource server yang bisa dialokasikan untuk menjalankan virtual server. Proses instalasi SISTER VirtualBox Headless mungkin nanti akan dijelaskan di artikel terpisah.

Pada kesempatan ini, kita akan menggunakan instalasi VirtualBox Desktop.

1. Download installer VirtualBox di https://www.virtualbox.org/wiki/Linux_Downloads, sesuaikan dengan OS yang digunakan. Pada Ubuntu 18.04 atau Linux Mint Tessa, pilih link https://download.virtualbox.org/virtualbox/6.0.12/virtualbox-6.0_6.0.12-133076~Ubuntu~bionic_amd64.deb . Versi Virtualbox yang digunakan terakhir adalah virtualbox 6.0.

2. Buka Terminal, arahkan ke direktori file installer virtualbox (di sini file installer disimpan di folder /home/user/Downloads/virtualbox-6.0_6.0.12-133076~Ubuntu~bionic_amd64.deb cd /home/user/Downloads
sudo dpkg -i virtualbox-6.0_6.0.12-133076~Ubuntu~bionic_amd64.deb tunggu hingga proses selesai, setelah selesai, icon virtualbox dapat dilihat di start menu

3. Buka aplikasi Oracle VM VirtualBox

4. Download installer SISTER virtualbox. Simpan di /home/user/Downloads/SISTER-INSTALLER-64Bit.zip.rar

5. Ekstrak file SISTER-INSTALLER-64Bit.zip.rar di /home/user/Downloads/ sehingga muncul file-file berikut

6. Tambahkan virtual server SISTER ke virtualbox dengan cara double klik file SISTER RISTEKDIKTI.vbox, atau dari aplikasi Virtualbox > Machine > Add (bisa menggunakan shortcut Ctrl-A), pilih file SISTER RISTEKDIKTI.vbox


7. Lakukan konfigurasi jaringan untuk mengalokasikan IP SISTER sebelum menyalakan server

Konfigurasi Jaringan SISTER di VirtualBox

Pada virtualbox terdapat beberapa konfigurasi jaringan yang bisa digunakan :

NAT
Virtual server akan mendapatkan alokasi IP private, supaya layanan virtual server dapat diakses oleh user, diperlukan konfigurasi Port Forwarding di virtualBox. Konfigurasi ini cocok digunakan jika tidak terdapat alokasi IP publik yang cukup, sehingga beberapa layanan dapat diakses di IP yang sama dengan menggunakan port berbeda.

Misal virtual server A running HTTP server di port 80, port forward via port 8080, maka user akan mengakses layanan webserver lewat url http://ipservervirtualbox:8080. Di virtual server B running HTTP server di port 80, port forward via port 8081,  maka user akan mengakses layanan webserver lewat url http://ipservervirtualbox:8081

Bridge Adapter
Virtual server akan mendapatkan alokasi IP yang satu segmen sama dengan subnet IP server/host, IP yang digunakan bisa IP publik atau IP private. Service di Virtual server bisa diakses oleh user tanpa memberikan konfigurasi port forwarding lagi. Konfigurasi ini cocok digunakan jika alokasi IP publik memadai.

Internal network
Virtual server akan mendapatkan alokasi IP yang hanya bisa diakses oleh virtual server lainnya yang berada dalam satu jaringan.

Host-only adapter
Virtual server akan mendapatkan alokasi IP address yang hanya bisa diakses oleh host/server virtualbox, tidak bisa diakses oleh user lain.

Pada tutorial ini kita menggunakan 2 konfigurasi, NAT dan bridged network.

Cara pertama menggunakan NAT

1. Di VirtualBox manager pilih server SISTER, klik Settings > Network, pilih NAT

2. Jalankan virtual server SISTER, di virtualbox manager, klik kanan > Start

3. Tunggu OS selesai booting, setelah prompt login muncul, isi dengan :
user : admin_sister
password : admin_sister123


Share

Post your comments here

Your email address will not be published. Required fields are marked *