7 Keuntungan Penggunaan SIAKAD 4.0 Cloud bagi Perguruan Tinggi
SIAKAD 4.0 Cloud merupakan Sistem Informasi Akademik yang dirancang untuk memberikan kemudahan kepada perguruan tinggi dalam mengelola administrasi kampus secara terintegrasi, mulai dari penerimaan mahasiswa baru secara online, manajemen kurikulum, membuat jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana studi (KRS), mengelola data nilai mahasiswa, sitem pembayaran online dan berbagai kegiatan lainnya di perguruan tinggi.
Pemanfaatan teknologi cloud computing membuat sistem informasi akademik semakin mudah dan juga hemat untuk diimpelementasikan di perguruan tinggi, ini akan menjadi opsi yang sangat menguntungkan bagi perguruan tinggi.
Apa saja keuntungan penggunaan SIAKAD Cloud ? Berikut diulas 7 Keuntungan utama penggunaan SIAKAD 4.0 Cloud bagi perguruan tinggi :
- Minim resiko investasi
Pengembangan software yang multi fitur dan teritegrasi dengan baik seperti sistem informasi akademik (SIAKAD) kampus membutuhkan biaya yang besar. Sering ditemui Perguruan Tinggi (PT) telah menghabiskan ratusan juta hingga milyaran rupiah dan menunggu lama pengembangan SIAKAD yang diimpikan, ternyata berujung dengan kegagalan. Dana dan waktu terbuang sia-sia namun aplikasi tidak dapat digunakan sesuai harapan. Dengan menggunakan SIAKAD 4.0 Cloud, PT telah menghilangkan resiko tersebut, karena tidak dikenakan biaya pengembangan yang besar, aplikasi telah siap digunakan serta sistem biaya bulanan, apabila merasa tidak sesuai ekpektasi dapat segera dihentikan sehingga terhindar dari kerugian materi maupun waktu. - Langsung bisa digunakan, online 24/7
Berbagai fitur penting dalam pengelolaan kampus yang efektif dan efisien telah tersedia pada SIAKAD 4.0 Cloud, kampus bisa langsung menggunakannya online 24/7 non stop, dapat dikases kapanpun dan dimanapun. Tidak perlu menunggu lama untuk SDLC (software development life cycle) pengembangan software. - Hemat biaya pengembangan
Pengembangan software skala besar dan berkualitas baik seperti SIAKAD membutuhkan tim pengembang yang banyak, berkualitas tinggi dan dedicated. Biasanya terdiri dari project manager, system analyst, business analyst, software architect, database administrator, scrum master, backend developer, frontend developer, mobile developer, quality assurance, tester, dan lain-lain. Sebagai perbandingan, di Suteki, saat ini pengembangan software SIAKAD dikerjakan oleh 1 tim yang terdiri dari belasan orang software engineer berkompeten di bidang masing-masing (software development), bekerja fulltime untuk pengembangan aplikasi. Jika kampus hanya perlu membayar setara gaji 1 orang (atau mungkin kurang dari gaji 1 orang) untuk pengembangan software berkelanjutan, cloud server, sysadmin dan layanan customer service, sangat hemat bukan? Apalagi biaya berlangganan SIAKAD 4.0 Cloud telah termasuk biaya cloud server dan sysadmin pengelola server. - Meningkatkan kualitas layanan akademik
Sistem informasi yang terintegrasi membuat pengolahan data menjadi cepat dan mudah diakses oleh civitas academica, berbagai informasi penting dan layanan dapat diakses oleh dosen, mahasiswa dan orang tua secara self services. Ada banyak proses bisnis yang sebelumnya sangat tergantung kepada petugas layanan dapat diakses langsung oleh civitas academica. Hal ini akan meningkatkan kecepatan dan kualitas layanan akademik. - Efisiensi biaya operasional kampus
Berbagai fitur SIAKAD 4.0 Cloud yang telah dikembangkan apabila digunakan dengan baik, selain akan meningkatkan kualitas layanan kampus juga dapat mereduksi biaya operasional hingga 30% atau lebih melalui efisiensi penggunaan kertas (paperless), optimasi penggunaan ruangan kelas, memangkas pekerjaan berulang, efisiensi waktu pengerjaan dan lain-lain. - Peningkatan kinerja pegawai / staf
Berbagai pekerjaan rutin harian pegawai / staf yang secara manual membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu, belum lagi faktor human error karena kelelahan atau kurang teliti, dapat dibantu oleh SIAKAD 4.0 Cloud sehingga cukup dikerjakan dalam waktu 1 hari atau kurang. Misal, secara manual berapa lama waktu yang dibutuhkan staf untuk membuat SK mengajar dosen berdasarkan MK yang diajar serta jadwal untuk 500 hingga 1.000 orang dosen? Berapa lama waktu yang dibutuhkan pegawai menyusun jadwal kuliah dan jadwal ujian? Dan pekerjaan-pekerjaan rutin lainnya dalam penyediaan layanan akademik. - Passive Income Kampus
Dengan SIAKAD 4.0 Cloud perguruan tinggi tidak hanya berposisi sebagai konsumen/klien saja, namun juga sekaligus merupakan mitra Suteki yang bisa mendapatkan passive income dari berbagai revenue stream dari fitur-fitur yang telah dan akan dikembangkan lebih lanjut.
This post has already been read 11744 times!
Pelaporan Feeder PDDIKTI dari SIAKAD 4.0 seperti apa?
Berapa biaya siakad nya ?
Terima kasih
Mantap ini kalau digunain di perguruan tinggi
Terima kasih pak Ahmad 🙂
Aplikasi SIAKAD 4.0 Cloud memang cocok sekali digunakan di perguruan tinggi