Layanan Purna Jual Adalah Cara untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen
Layanan Purna Jual adalah – Mungkin kalian pernah mendengar istilah purna jual, namun belum memahami arti pentingnya dengan pasti. Umumnya, layanan purna jual adalah pelayanan (service) dari pelaku usaha untuk konsumen yang telah membeli produknya dengan kata lain, layanan ini diberikan setelah kesepakatan jual beli. Perlu diingat, tujuan purna jual adalah kepuasan pelanggan.
Fungsi lain dari purna jual adalah meningkatkan nilai tambah produsen di mata pembeli (konsumen). Jika dilihat dari pengertiannya secara garis besar, pelayanan ini dinilai memberikan keuntungan bagi pelaku usaha dan konsumen. Untuk lebih memahaminya lagi, simak secara rinci arti penting purna jual ini.
Arti Penting Purna Jual yang Melekat pada Sebuah Produk
Pada umumnya, layanan purna jual adalah servis untuk konsumen setelah melakukan pembayaran. Servis yang satu ini biasanya ada pada kesepakatan jual beli produk kendaraan bermotor, elektronik serta produk lainnya dengan fasilitas purna jual (after sales service). Penasaran dengan pengertian after sales service? Simak informasi berikut.
1. Keputusan Menteri Peindustrian dan Perdagangan RI Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pengawasan Barang dan Jasa
Berdasarkan Keputusan Menteri Nomor: 634/MPP/Kep/9/2002, arti purna jual ialah servis untuk konsumen dari pelaku usaha (produsen) yang bertujuan meningkatkan mutu produk, operasional yang handal, serta ketahanan produk selama satu tahun. Berdasarkan definis tersebut, tentu saja tujuan purna jual dinilai menguntungkan baik bagi produsen maupun konsumen.
2. Philip Kotler
Berdasarkan pendapat Philip Kotler (seorang pakar pemasaran), arti purna jual adalah servis dari produsen untuk konsumen setelah terjadi jual beli. Tentunya, pelayanan ini memiliki jangka waktu atau bergaransi.
3. Mathe – Sphiro
Mathe – Spiro mengartikan layanan purna jual adalah servis untuk konsumen yang berfungsi sebagai peningkatan kualitas produk. Contohnya: produsen memberikan fasilitas perbaikan produk kepada pembeli setelah transaksi pembelian produk.
4. Tjiptono
Tjiptono (2014) berpendapat, arti purna jual ialah servis terbaik bagi konsumen setelah pembayaran produk. Layanan ini berasal dari produsen atau pelaku usaha. Adapun tujuannya adalah mengutamakan kepuasan (loyalitas) konsumen.
5. Patton
Arti servis purna jual berdasarkan pendapat Patton merupakan suatu pelayanan yang memiliki fungsi sebagai pendukung penjualan barang atau jasa. Menurutnya, servis ini bisa dijadikan nilai tambah suatu produk. Tentunya, adanya layanan tersebut bisa menambah kepercayaan pelanggan bahwa produk tidak mudah rusak. Selain itu, ada jaminan layanan perbaikan barang atau jasa jika ada kerusakan.
Komponen Utama Servis Purna Jual
Perlu diketahui, produsen tidak sembarangan saat memberikan servis purna jual untuk pelanggan. Ada komponen tertentu yang dijadikan sebagai pendukung servis ini. Inilah komponen utama pada servis purna jual.
- Wajib ada garansi produk. Garansi merupakan komponen yang bisa membuat konsumen yakin bahwa barang atau jasa yang dibeli memiliki nilai tambah dibandingkan yang lainnya.
- Purna jual harus dilengkapi dengan fasilitas perbaikan, customer care serta pemeliharaan.
- Ada fasilitas berupa penyediaan aksesoris atau perlengkapan pendukung produk. Tentunya, fasilitas yang satu ini bertujuan menambah kepercayaan pelanggan bahwa produk dapat berfungsi sebaik mungkin.
Suteki.co.id Dilengkapi Fasilitas Purna Jual Mumpuni untuk Produk Teknologi Informasi
Suteki.co.id adalah developer yang menawarkan software teknologi informatika terbaik. Produknya antara lain: Sistem Informasi Akademik (SIAKAD 4.0), E – Office, E-library, Civitas LMS dan perangkat lunak berteknologi tinggi lainnya.
Pastinya, Suteki.co.id memiliki jaminan produk unggulan. https://suteki.co.id juga memiliki servis purna jual. Perlu diketahui, kelebihan produk https://suteki.co.id yang tak usah diragukan lagi, seperti berikut ini.
- Software yang ditawarkan mudah dipakai oleh siapapun (user friendly).
- Software Suteki.co.id sudah teruji keunggulannya karena banyak perguruan tinggi yang sudah mengaplikasikannya untuk manajemen perguruan tinggi.
- Suteki.co.id dibekali dengan pengembangan berkesinambungan dan terus dikembangkan supaya bisa mengikuti perkembangan teknologi terkini.
- Perangkat lunak yang ditawarkan memiliki servis purna jual yang unggul dibandingkan produk teknologi informasi kampus lainnya.
Apakah masih ragu untuk menggunakan Suteki.co.id? Hapus keraguan itu, langsung saja kunjungi https://suteki.co.id. Tentunya, dengan menggunakan produk ini tata kelola layanan pendidikan yang Anda kembangkan akan bekerja dengan baik.
This post has already been read 9361 times!