SIAKAD 4.0 Cloud memperoleh Tingkat Kepuasan 90% dari Perguruan Tinggi terkait koordinasi akademik
Pentingnya sistem untuk Perguruan Tinggi
Sistem informasi akademik yang terintegrasi dirancang untuk memudahkan pekerjaan penting dalam manajemen akademik dari mulai perencanaan penerimaan mahasiswa baru, pengelolaan kurikulum dan akademik, hingga membantu dalam proses data kelulusan mahasiswa ataupun pelaporan ke PDDIKTI.
Namun kemudahan yang diidamkan dari suatu sistem tersebut terkadang menjadi hal yang kerap menjadi masalah pada pengelolaan Perguruan Tinggi. Beberapa kendala yang sering dialami seperti server pada sistem informasi yang sering terjadi down saat agenda penting seperti saat mengisi KRS dan pendaftaran Mahasiswa Baru, laporan data yang tidak akurat mengakibatkan kinerja Perguruan Tinggi menjadi tidak efisien dan efektif.
Rentan Kegegalan Sistem Informasi
Disamping itu kegagalan dalam menerapkan sistem informasi juga cukup tinggi. Pada penelitian yang dilakukan oleh Rudi Dwi Apriyanto dan Hanson Prihantoro Putro pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa hanya 27% proyek sistem informasi yang terselesaikan sesuai anggaran, tepat waktu dan telah dievaluasi oleh pengguna. Sisanya 55% bermasalah dan 18% dibatalkan.
Baca juga : Fakta, Tingkat Keberhasilan Implementasi SIAKAD 4.0 Cloud Suteki Mencapai 100%
Hal yang diinginkan perguruan tinggi dengan sistem informasi akademik
Lalu, apa saja poin penting dalam penerapan sistem informasi akademik di perguruan tinggi?
Dikutip dari accurate.id, Fungsi dari sistem ini tidak terbatas pada pihak manajemen saja, melainkan juga bagi organisasi secara keseluruhan.
Terutama, hal tersebut karena peran penting sistem informasi yang dapat mengoptimalkan operasional bisnis. Berikut peran penting tersebut:
- Meningkatkan produktivitas serta penghematan dalam hal biaya di dalam organisasi
- Meningkatkan kualitas dari SDM dikarenakan unit sistem kerja akan lebih terkoordinasi serta sistematis
- Mempermudah pihak manajemen dalam melakukan pengawasan, perencanaan, pengarahan serta pendelegasian kinerja pada semua departemen yang mempunyai koordinasi dan hubungan.
- Meningkatkan efisiensi serta efektivitas data yang lebih realtime dan akurat.
Peran sistem informasi ini lah yang terus menjadi acuan Suteki Tech dalam menghadirkan Solusi aplikasi sistem informasi akademik yang optimal, efektik dan efisien bagi perguruan Tinggi.
Survey internal pun dilakukan pada April 2021 oleh divisi marketing Suteki Tech yang melibatkan mitra Perguruan Tinggi guna sebagai feedback dan evaluasi tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan SIAKAD 4.0 Cloud. Metode skala pengukuran menggunakan metode skala likert, Hasil survey pun diperoleh tingkat kepuasan yang sangat baik.
.
.
Hal ini terbukti dari tinggi nya angka tingkat kepuasan Perguruan Tinggi pada SIAKAD 4.0 Cloud. Suatu sistem informasi akademik dibuat agar dapat menghubungkan antar departemen dengan lebih efektif dan memudahkan koordinasi terkait akademik, koordinasi ini sangat penting salah satu nya untuk pengambilan keputusan secara tepat. Poin ini SIAKAD 4.0 Cloud memperoleh tingkat kepuasan sebesar 90%.
Pada pengelolaan manajemen perguruan tinggi juga diperlukan sistem yang terintegrasi sehingga data informasi telah tersedia dapat ditampilkan secara akurat dan cepat, tentu hal ini berpengaruh pada kinerja karyawan yang semakin cepat juga. Feedback yang diterima mengenai SIAKAD 4.0 Cloud juga sangat baik dengan memperoleh tingkat kepuasan 92,5%.
Selain itu sebagai bentuk layanan purna jual kami juga menyediakan layanan technical support untuk membantu mengatasi masalah dalam penerapan, pemakaian, dan konfigurasi oleh Perguruan Tinggi . Layanan technical support ini juga tidak kalah penting, karena kebutuhan tentang sistem informasi akademik kini semakin kompleks mulai dari payment gateway, perubahan kurikulum yang terus mengikuti perkembangan, dan pelaporan ke PDDIKTI sehingga masalah yang dihadapi juga perlu ditangani dengan serius. Layanan technical support pada SIAKAD 4.0 Cloud memperoleh tingkat kepuasan sebesar 88,75%.
Salah satu portal penting yang tersedia pada SIAKAD 4.0 Cloud adalah tersedianya portal penerimaan mahasiswa baru. PMB Online ini merupakan suatu alur dari proses bisnis suatu Perguruan Tinggi dalam menambah peserta didik baru setiap tahunnya. Selain berperan dalam hal pendaftaran, fitur yang tersedia juga harus memenuhi kebutuhan, seperti pembayaran online, Tes Online berbasis computer (CBT), dan user interface yang mudah dipaham. Hal ini akan berdampak positif dalam citra dari suatu perguruan tinggi. Penggunaan PMB Online pada SIAKAD 4.0 Cloud meraih tingkat kepuasan dari mitra Perguruan Tinggi sebesar 85,33%, dan mampu meningkatkan peserta didik baru sebesar 21,15% dari tahun sebelumnya pada tahun pertama penggunaan SIAKAD 4.0 Cloud.
Survey ini dilakukan karena kami Suteki Tech peduli dengan feedback dari Perguruan Tinggi guna mendapatkan wawasan yang lebih terkait kebutuhan sistem dibidang Pendidikan sehingga dapat terus meningkatkan pengalaman mitra secara keseluruhan dan terus mengembangkan inovasi sistem yang memberikan solusi di bidang pendidikan.
Butuh konsultasi mengenai Sistem Akademik? Tidak perlu sungkan menghubungi kami melalui whatsapp 081310931528 atau melalui email info@suteki.co.id.
This post has already been read 7780 times!
Apa temuan utama dari penelitian yang dilakukan oleh Rudi Dwi Apriyanto dan Hanson Prihantoro Putro pada tahun 2018 terkait implementasi sistem informasi, terutama terkait dengan persentase proyek yang berhasil diselesaikan sesuai anggaran, tepat waktu, dan dievaluasi oleh pengguna?
terimakasih artikelnya sangat bermanfaat sekali